RIDE WITH VESPA

MEDAN – PARAPAT – MEDAN
15-16 FEBRUARI 2014

Rute Perjalanan
Kurang lebih 180 km jarak tempuh dari Medan menuju Danau toba. Touring vespa kali ini diikuti oleh sembilan vespa, lima diantaranya vespa Excel, satu vespa PX, satu vespa Super, dan dua vespa kongo. Bertolak dari KAFEBAGA Medan sekitar pukul 10:00 WIB dengan rute normal melewati Tanjung Morawa – Lubuk Pakam – Perbaungan – Tebing Tinggi – Pematang Siantar – Parapat.

Pemberhentian pertama kita di Tebing Tinggi untuk sekedar mendinginkan mesin dan istirahat sebatang rokok. Bertemu dan berkenalan juga dengan single rider bajaj yang mau menuju kota Padang. Lupa namanya. Tapi hebat uwak itu. Main tunggal aja. 15 menit berselang kita pun melanjutkan perjalanan ke Pematang Siantar untuk makan siang.

Sekitar pukul 15:30 WIB kita berangkat dari Pematang Siantar menuju Parapat. Begitu memasuki hutan pinus kita sempat berhenti karena salah satu vespa rekan kita mengalami sedikit kendala. Setelah repair dan cuaca sedikit gerimis kita langsung melanjutkan perjalanan.

Berhubung cuaca sedikit gerimis dan jalanan basah juga licin ada beberapa scoterist kita yang tergelincir. Dua vespa tergelincir tapi tidak jatuh dan satu vespa lagi tergelincir sampai jatuh dikarenakan jalanan yang basah ditambah lagi ada longsoran tanah yang membuat jalanan semakin licin. Meskipun demikian scoterist kita yang tergelincir tidak mengalami cedera hanya saja balon vespa yang agak lecet.

Video Ride Vespa Kafebaga Medan to Parapat

Rute perjalanan pulang kita mulai dari Kota Parapat – Simarjarunjung – Sidamanik – Pematang Siantar – Tebing Tinggi – Dolok Masihul – Galang – Lubuk Pakam – Tanjung Morawa – Medan.

Minggu pagi setelah sarapan di penginapan. Tak lupa juga berdoa kepada Allah SWT agar dilancarkan selama perjalanan, kita melaju konvoy mengelilingi kota Parapat dan mengisi bahan bakar. Melanjutkan ke penatapan Parapat untuk menikmati kopi dan pemandangan danau toba di pagi hari yang cerah.

Melanjutkan perjalanan melalui Simarjarunjung, Jalur yang kita tempuh merupakan jalur alternatif yang tidak dilewati truk besar dan bus. Sedikit memutar tetapi tidak ramai. Melalui jalur ini pula kita akan melewati kebun teh dengan warna hijau yang terhampar luas.

Waktu menunjukkan pukul 13:00 WIB setelah kami istirahat dan berfoto ria di kebun teh Sidamanik. Melanjutkan perjalanan menuju kota Pematang Siantar untuk makan siang. Walaupun terjadi sedikit kendala yaitu bocor ban pada salah satu scoterist kita, namun waktu yang diperkirakan untuk sampai di Pematang Siantar tidak begitu melenceng.

Istirahat, makan, sholat dan sedikit breafing sampai pukul 15:00 WIB di Pematang Siantar. Lalu melanjutkan kembali perjalanan ke Tebing Tinggi. Memasuki kota Tebing Tinggi kita singgah ke SPBU untuk mengisi bahan bakar.
Dari Tebing Tinggi kita mengambil jalur alternatif melewati Dolok Masihul menuju Galang dan keluar di Perbaungan. Sedikit jauh dari jalur lintas Sumatera namun kita terhindar oleh macat di daerah Sei Rampah dan Bengkel mengingat hari minggu yang biasanya jalur tersebut sangat ramai oleh pengendara.
Sekitar pukul 18:30 WIB kita telah sampai di KAFEBAGA. Menikmati kopi, roti ganda yang kita beli di Siantar dan bercerita tentang pengalaman selama perjalanan. Sangat seru touring kita kali ini.
LIFE IS BETTER WIH VESPA

Video Kafebaga ride with vespa Parapat – Medan

Sekedar berbagi pengalaman untuk persiapan touring vespa yang kita lakukan antara lain :

Persiapan Kendaraan
Paling sedikit 1 minggu sebelum touring sebaiknya servis dulu si kuda besi semok biar prima di perjalanan. Biasanya ganti oli, cek karbu, cek rem, lampu, tali kopling, tali gas, dll, lebih baik menggunakan settingan standar. Konsultasi dengan mekanik, apakah ada onderdil yang sudah tidak layak pakai? Jika ada sebaiknya langsung diganti terlebih dahulu, daripada terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan di perjalanan. Setelah selesai servis, coba tes untuk jarak tertentu misalnya keliling kota. Kalo ada keluhan segera konsultasikan dan perbaiki.

Persiapan Fisik
Olahraga kecil dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Cobalah jogging 2 hari sekali atau ke tempat pusat kebugaran. Menjaga kesehatan sebelum touring adalah hal terpenting demi kelancaran diperjalanan.

Persiapan Administrasi
Semua yg berkaitan dengan berkas-berkas, seperti surat-surat kendaraan, SIM, Peta, Contact Person Emergency, Surat Jalan (jika diperlukan). Yang terpenting bawa duit dan dokumentasi.

Persiapan Peralatan

Sepatu, jacket, helm, masker, kacamata, P3K, rainsuit, pelindung dada

Sudah lazim jika vespa mau touring membawa perlengkapan yang sedikit spesial, ya semua itu demi kelancaran kita di jalan kan…. So gak apa-apa agak banyak yang dibawa.
Peralatan pribadi
Helm, jacket, sepatu, kacamata, slayer, pelindung dada
Rainsuite
Pakaian ganti secukupnya
Kotak P3K
Alat komunikasi
Ban serap
Tali gas dan tali kopling juga busi cadangan.
Toolkit (kunci-kunci yang penting)
Baut dan mur cadangan yang rawan lepas

Sebaiknya kalo touring memakai box belakang, agar bisa membawa peralatan yg cukup. Jika tidak punya box, bawa saja yg emergency, kita kan lebih kenal vespa kita, so… kita yang lebh tau dia butuh apa aja kan.

Jangan Lupa Pamitan dan Berdoa
Setelah semua siap berarti kita sudah siap berangkat. Sebelum berangkat jangan lupa pamit ama anak, istri, pacar atau orang tua. Berdoa kepada Allah SWT agar dilancarkan dalam perjalanan, dihindarkan dari marabahaya, dicerahkan cuaca selama perjalanan tak lupa pula mendoakan kuda besi tidak mogok diperjalanan. InsyaAllah kita selamat sampai tujuan. Tujuan touring ini adalah selamat sampai rumah kita kembali. Perlu diingat tujuan utama kita adalah kembali kerumah dengan selamat.

Sekian pengalaman dan sedikit tips dari kita mengenai touring vespa. Semoga bermanfaat bagi scoterist yang merencanakan touring juga.